SERVICE RADAR KAPAL

SERVICE RADAR KAPAL ATAU PERBAIKAN RADAL KAPAL PTSBN.

service radar kapal



Service radar kapal ptsbn sebagai salah satu perusahaan yang menjual radal kapal laut serta penyedia  radar kapal juga melayani perbaikan atau service kerusakan peralatan navigasi lainnya khususnya alat navigasi kapal laut. 

RADAR adalah singkatan Radio Detection and Ranging atau sebagai alat yang mendeteksi dan menggunakan dukungan jangkauan radio. Radio adalah sistem yang digunakan untuk memfasilitasi, mengukur jarak, dan memetakan objek seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali digunakan pada tahun 1941, menggantikan istilah bahasa Inggris RDF (Directon Finding Radio). Gelombang radio yang kuat dikirim dan diterima penerima bergema kembali. Dengan menganalisis sinyal yang dipantulkan, pantulan pantulan dapat ditentukan dan terkadang jenisnya ditentukan. Namun, sinyal radio dapat dengan mudah dideteksi dan diterima.

sebagai pelaut kita dapat mengubah kekuatan gelombang radio radar yang dikirim dan mengubah gelombang lemah, dan kemudian diamplifikasi (diamplifikasi) beberapa kali. Karena itu radar digunakan untuk melindungi objek jarak jauh yang tidak dapat dideteksi oleh suara atau cahaya. Radar digunakan  pada bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas udara, alat yang mendeteksi kecepatan oleh polisi atau terutama oleh militer.

FUNGSI RADAR PADA KAPAL  

FUNGSI RADAR,KOMPONEN RADAR, CARA KERJA RADAR


Fungsi radar secara umum adalah suatu alat navigasi elektronik sebagai berikut  :

1. Untuk menentukan posisi kapal dari waktu ke waktu. Dalam menentukan posisi kapal dengan radar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu menggunakan baringan dengan baringan, menggunakan baringan dengan jarak dan menggunakan jarak dengan jarak. 

2 .Memandu kapal keluar – masuk pelabuhan atau perairan sempit. Pada posisi Head Up, radar sangat efektif dan efisien untuk membantu para nakhoda atau pandu dalam melayarkan kapalnya keluar-masuk pelabuhan, sungai atau alur pelayaran sempit.

3. Membantu menemukan ada atau tidaknya bahaya tubrukan. Dengan melihat pada layar Cathoda Ray Tube (CRT) adanya pantulan atau echo dari awan yang tebal.

4. Membantu memperkirakan hujan melewati lintasan kapal. Dengan melihat pada layar radar (Cathoda Ray Tube) adanya pantulan atau echo dari awan yang tebal. 

RADAR LAUT 

Radar laut dengan Bantuan Radar Rencana Otomatis (ARPA) dapat melakukan perjalanan menggunakan radar kontak. Sistem ini hanya dapat menghitung pelacakan, kecepatan dan titik terdekat yang mendekati (BPA), sehingga Anda tahu jika ada bahaya tabrakan dengan kapal atau daratan lain.

Alat navigasi elektronik kapal ARPA  pada salah satu fiturnya berfungsi menyediakan presentasi tentang navigasi kapal pada waktu itu dan dapat memprediksi navigasi atau pendaratan kapal beberapa waktu kemudian menggunakan teknologi komputer. Alat navigasi pada kapal ini dapat membatasi risiko tabrakan kapal, dan memungkinkan operator untuk melihat manuver kapal. berikut ini adalah fungsi dari alat navigasi ARPA:
  • Menentukan arah navigasi kapal dengan persentase KAPAL RADAR
  • Secara otomatis memperoleh target akuisisi plus manual. Target pembacaan digital diperoleh yang memberikan kecepatan kapal atau kursus kecepatan, jangkauan, bantalan, titik pendekatan terdekat (CPA, dan waktu ke CPA (TCPA).
  • Dapat menampilkan informasi tabrakan langsung pada PPI, menggunakan vektor (true atau relative) atau Prediksi grafis Screen Bahaya (PAD).
  • Miliki kemampuan mendeteksi manuver kapal, termasuk perubahan. Tentu saja, perubahan kecepatan, dan tentu saja perubahan gabungan / kecepatan. Stabilisasi tanah otomatis untuk keperluan navigasi.
  • ARPA dapat memproses informasi radar lebih cepat daripada radar model terdahulu. 
  • Tetap masih tergantung pada persyaratan yang sama.

BAGIAN KOMPONEN RADAR 

Cara kerja marine radar sebagai alat navigasi kapal  gambarannya adalah sebagai berikut: 

• Antena parabola pada radar mengirimkan dan menerima sinyal elektromagnetik dan sinyal akan dipantulkan oleh benda-benda didalam jangkauan radar yang akan tergambar di Plan Position Indicator ( PPI ). 
• Frekuensi dan waktu yang dibutuhkan rambatan gelombang untuk kembali (refleksi) ke penerima radar, digunakan untuk mengetahui dan mengambil keputusan apakah rute kapal dapat dilanjutkan atatu tidak. 
• Pada PPI display dari pantulan gelombang akan terlihat sehingga jarak antara kapal dengan benda yang tervisulisasi dapat diidentifikasi dengan sangat mudah.

Radar atau alat pemancar dan alat - alat penerima suatu pesawat radio kapal dibangun dalam kesatuan - kesatuan yang dapat dibedakan sebagai berikut :

1. Main Consule Adalah suatu kotak yang berisi kesatuan – kesatuan yang yang terdiri dari pemancar, penerima, dan tombol pemancar – penerima.

2. Aerial Unit merupakan  kesatuan yang terdiri dari waveguide, reflector dengan motor untuk memutarnya, dan berbagai schekel-element.

3. Display Unit pada Radar Adalah unit kesatuan yang terdiri dari Cathoda Ray Tube (CRT) dan macam - macam tombol pengatur, biasanya ditempatkan dianjungan.

Demikian Tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Radar Dan Fungsi Radar Kapal, Yang merupakan Peralatan Navigasi Elektronik di Kapal.




Salam




Artikel terkait :
Service peralatan navigasi kapal, jual alat navigasi kapal

Pages

Powered by jakwebs.com