JASA PENGURUSAN BARANG IMPORT

JASA PENGURUSAN BARANG IMPORT PTSBN


asa pengurusan barang import, jasa ppjk impor, jasa ppjk jakarta, tarif biaya jasa ppjk

Jasa pengurusan barang import ptsbn WA: 0813-8988-2622 murah siap membantu mengurus semua dokumen kepabeanan khususnya jasa urus import barang dari luar negeri ke Indonesia.


Pengertian dari jasa ppjk adalah badan-badan usaha atau perusahaan yang melaksanakan kegiatan pengurusan kewajiban pabean atas nama importir dan eksportir yang melakukan impor barang dan jasa. Sebagai Perusahaan yang salah satunya juga  bergerak dalam bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepabean atau Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan atau jasa ppjk import (PPJK). Kami siap membantu dalam hal  jasa ppjk impor serta kebutuhan yang berhubungan dalam proses Kepabeanan seperti Customs Clearance, Borongan (Allin) Door To Door Undername Import dan Export Domestic maupun jasa Transportasi barang dengan tujuan ke seluruh wilayah Indonesia . 


PROSEDUR IMPORT BARANG 

Bagaimana prosedure atau cara import barang yang berasal dari luar Indonesia? pertama, orang yang mengimpor barang disebut importir atau pengusaha yang harus memiliki co-partner diluar negeri atau perusahaan exportir negara asal barang. Perusahaan co-patner adalah perusahaan yang melakukan proses export yang sanggup menyuplai barang baik itu komoditas yang di perlukan untuk kepentingan importir mencari keuntungan atau penjualan di negara masing masing.  Hal yang paling penting yang perlu di ketahui saat import barang yaitu importir harus menentukan jenis barang yang ingin di import serta komoditas apa saja yang boleh di import. Nah, selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan dari barang yang akan di import ada beberapa hal atau syarat tahapan harus dilakukan oleh seorang  importir adalah sebagai berikut :


  • Harus memiliki perusahaan ekportir parner di luar negeri : 
  • Melakukan kerjasaman dan tanda tangan kontrak penjualan.
  • Mendatangi Bank/Issuing Bank di negaranya.
  • Mendapatkan paket dokumen barang impor.
  • Menghubungi perusahaan Shipping Agent/Shipping Company.
  • Menghubungi petugas Radio pantai, Gudang Lini, PBM, dan EMKL.
  • Membuat dan memiliki PIB serta kewajiban kepabeanan.
  • Menghubungi trucking company atau jasa angkutan darat dan mengenali jenis-jenisnya (bisa truk atau jasa transportasi jenis lainnya). 


1. Mempunyai rekan perusahaan eksportir negara asal.
Sebagai seorang  importir, khususnya bagi para pemula yang tidak pernah melakukan transaksi impor, tentu sebagai seorang importir Kita harus mencari Co-partner dagangnya. Yaitu seorang eksportir yang dapat memasok jenis dan tipe produk yang di perlukan oleh seorang importir. Selain itu, seorang importir dan eksportir harus memiliki suatu kesepakatan dalam menentukan harga pada barang dan kualitas barang serta dengan memperhatikan perusahaan pelayaran yang akan mengangkut barang pada komunitas tersebut.

Khusus untuk para importir pemula Anda dapat menemukan Co-partner dagangnya dengan mengunjungi :

Kantor KADIN (Kamar Dagang Industri) di daerah Pusat.
KADINDA (Kantor Dagang Industri Daerah) di daerah Provinsi/Daerah.
Panjatabda (Panitia Kerja Tetap Daerah) di daerah Provinsi.

Cara melakukan import barang lainnya yaitu dengan menggunakan referensi dari para importir yang memiiki banyak pengalaman untuk membantu pemula dalam melaksanakan realisasi impornya. 

2. Melakukan kerjasama dan tanda tangan kontrak penjualan.
Kemudian, setelah didapati kesepakatan yang bersifat lisan. Semuanya dituangkan secara tertulis di dalam MOU (Momorandum of Understanding) atau disebut juga sebagai kontrak penjualan. Kontrak pada Penjualan (Sales Contract) pembuatan dan penandatangannya dilakukan diatas sebuah materai. Dengan teknis dan bertemu langsung bertatap muka dalam satu meja.


3. Mendatangi Bank Devisa/Issuing Bank
Cara untuk mengimpor barang dari luar negeri yaitu Setelah MOU(Momorandum Of Understanding yaitu dokumen persetujuan kedua belah pihak) ditanda tangani. Importir juga harus segera mendatangi bank devisa di dalam negeri. Peran issuing bank atau bank devisa sangat penting bagi pihak penegoisasi bank di luar negeri, karena pihak bank devisa ini yang nantinya akan melakukan pembayaran devisa kepada penegoisasi bank.

Apabila eksportir sudah selesai dalam melakukan proses memasukan seluruh barangnya ke dalam perut kapal, maka pada saat itu eksportir akan menerima tanda terima barang yang disebut Mate's receipt  dari kapten kapal. Dan pada saat itu juga Mate's receipt dapat ditukarkan menjadi Original Bill of Lading dari perusahan pelayaran. Umumnya pada hari yang sama para eksportir akan mengirimkan semua berkas dokumen ekspor lengkap ke pihak penegoisasi bank. Hal itu sudah menjadi kewajiban bagi penegoisasi bank untuk membayar nilai transaksi  pada kegiatan ekspor impor untuk di realisasikan pada hari itu juga. 

4. Mendapat Paket Dokumen Barang Impor
Selanjutnya para importir tinggal menunggu realisasi dari para eksportir setelah importir selesai dalam melakukan permintaan pembukaan Letter of Credit ( eksportir menerima pembayaran tanpa berita dari luar negeri) pada bak devisa di negaranya. Serta mengirimkan uang sebesar nilai transaksi pada barang impor. Setelah semua telah selesai, importir hanya menunggu barangnya sampai dan diterima oleh eksportir dari luar negeri.

Karena itu, para eksportir harus segera mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk realisasi ekspornya, diantaranya :


  • Mempersiapkan produk ekspor.
  • Melakukan pengepakan(mengepak barang).
  • Fumigasi/pengendalian hama, untuk memusnahkan serangga.
  • Pengiriman komoditas barang ekspor dari gudang ekspor ke Lini 1 di pelabuhan.
  • Menumpuk komoditas barang ekspor di pelabuhan.
  • Membuat dokumen PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang).
  • Pengurusan perizinan di kantor Bea dan Cukai.
  • Cargodoring (pemuatan barang atas kapal sampai barang tersebut di muat). 



5. Menghubungi Shipping Agent/Shipping Company
Setelah importir menerima berkas-berkas dokumen dari Co-partnernya atau dari penegoisasi bank melalui devisa bank yang berarti bahwa barang pesanannya telah dimasukan ke dalam perut kapal. Hal ini dapat dibuktikan dengan terbitnya dokumen Original Bill of Lading yang diterima oleh importir. Setelah menerima berkas pada dokumen itu, seorang importir harus segera menghubungi perusahaan pelayaran (Shipping Agent) yang mengangkut komoditas impornya.

Semua itu harus dilakukan untuk mendapat estimasi tibanya kapal tersebut pada pelabuhan yang dituju (Estimate Time Arrival = ETA). Serta untuk mengetahui dan mendapatkan kepastian di dermaga manakah kapal tersebut akan berlabuh dan pada gudang nomor berapa. Informasi ini sangatlah penting untuk seorang importir agar dapat mengetahui dengan pasti situasi pada gudang yang akan dipakai untuk menimbun barang-barang impornya.

Pada waktu yang sama, pihak dari importir harus segera mengurus dan melaporkan dokumen kepabeanan pada kantor Bea dan Cukai. Istilah ini disebut  juga sebagai Kiat Masuk, yaitu pemberitahuan pada barang impor serta pembayaran pada bea masuk dan PPN yang harus dikirimkan ke kas negara melalui Bank Persepsi. Saat melakukan proses, kantor Bea Cukai sampai pihak Bea Cukai memberikan persetujuan untuk importir untuk membongkar barang impornya. 



6. Menghubungi Radio Pantai, Gudang Lini, PBM, dan EMKL
Informasi-informasi yang bersifat kualitatif hanya dapat diberikan oleh pihak-pihak Distrik Navigasi setempat atau oleh seorang petugas Radio Pantai. Tugas umumnya yaitu rutin dan aktif menghubungi dan berkomunikasi melalui sebuah radio dengan kapal-kapal yang berasal dari mancanegara. Yaitu dengan mendekati batas terluar perairan pada suatu pelabuhan.

Selanjutnya, jika importir telah mengetahui posisi dermaga yang menjadi tempat berlabuhnya kapal. Dan telah mengetahui posisi gudang Lini 1 yang akan menjadi tempat untuk penimbunan barang-barang impornya. Maka sang importir harus segera menghubungi bagian Gudang Operator (GO). Tujuannya adalah untuk mendiskusikan teknis penumpukan dan penempatan yang tepat bagi barang impornya.

Selain itu, importir harus menghubungi Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang akan menangani kegiatan bongkar barang impornya. Dan kegiatan muat barang ekspor untuk mendiskusikan teknis bongkar muat agar barang yang dimuat tidak rusak dan cacat. Importir harus segera menghubungi perusahaan jasa dengan tujuan untuk mengurus dokumen kepabeanan. 

7. Membuat PIB dan Kewajiban Kepabeanan
Berdasarkan berkas-berkas dokumen impor yang telah diterima dari luar negeri,  seorang importir harus segera melaporkan barang-barang impornya kepada kantor Bea dan Cukai dengan cara membuat PIB (Pemberitahuan Impor Barang). Dokumen ini harus dibuat rangkap lima dan diberikan kepada kantor Bea dan Cukai secara manual ataupun elektronik (EDI). Hal-hal yang harus di laporkan oleh importir dalam PIB, meliput :

  • Volume barang.
  • Ukuran barang.
  • Jenis barang.
  • Harga barang per satuan.
  • Kondisi harga barang, apakah barang itu merupakan CIF. FOB, C&F atau yang lainnya.

Tujuan dikeluarkanya Barang-Barang Impor :


  • Di impor untuk dapat dipakai.
  • Diimpor untuk sementara.
  • Ditimbun pada tempat penimbunan berikat.
  • Diangkut ke tempat penimbunan sementara.
  • Barang impor selalu diangkut.
  • Barang impor selalu diangkut lanjut.
  • Terakhir, barang impor diekspor kembali.
  • Dokumen Untuk Pengeluaran Barang Impor :
  • Pemberitahuan Impor Barang-Barang Tertentu (PIBT)
  • Custom Declaration (CD)
  • Pencacahan dan Pabean pada Kiriman Pos (PPKP)
  • Pemberitahuan pada Lintas Batas. 


8. Menghubungi Jasa Angkutan Darat
Cara mengimport Barang yang Terakhir adalah dengan Menghubungi jasa angkutan darat dan mengenali bentuk-bentuknya. Setelah seorang impotir berhasil mendapatkan izin untuk mengeluarkan barang dari pasokan Lini 1 yang dikeluarkan oleh kantor Bea dan Cukai. Seorang importir harus segera menghubungi perusahaan angkutan barang di negara yang bersangkutan untuk barang general cargo seperti kontainer barang dalam box besar, besi-besi kayu dan yang lainnya. Jasa pengiriman barang seperti trucking company yang khusus menyediakan armada dalam melayani pengiriman barang baik dari pelabuhan ketempat tujuan melalui jalan darat ke gudang yang dituju sesuai dengan permintaan. 

Perusahaan angkutan yang telah di ambil harus benar-benar dapat di percaya dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan keutuhan barang dari berbagai gangguan dan ancaman yang berasal dari dalam maupun dari luar selama dalam perjalanan. Seperti gangguan preman yang dapat merusak barang dan acaman cuaca yang tidak dapat di prediksi.

Maka pada saat pengemasan barang pengiriman oleh truk harus sangat di jaga dan diperhatikan. Apabila terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan yang terjadi saat pengiriman barang oleh pengirim barang seperti kecelakaan akibat kelalaian pengemudi dan lainnya, maka perusahaan penyedia barang akan bertanggung jawab penuh dan mengganti rugi barang atas apa yang sudah menjadi bagian dari resiko yang menjadi kewajibannya.  

MACAM MACAM JASA IMPORT DILIHAT DARI BARANGNYA

jasa import mesin mobil, jasa impor barang, jasa import hewan, jasa import tanaman, jasa import burung, jasa impor china



Dalam statistik diatas jasa import mesin mobil dan pesawat mekanik masih menjadi salah satu barang yang diimpor ke Indonesia. Ini tercermin dari data Badan Pusat Statistik yang telah menunjukkan nilai impor golongan barang tersebut periode Januari-Desember 2019 mencapai US$ 24,72 miliar. Jumlah yang telah disebutkan tersebut naik hingga 25,89% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Import pada golongan mesin dan mekanik merupakan salah satu yang terbesar dibandingkan dengan golongan barang lainnya seperti mesin ataupun peralatan listrik maupun baja. Kontribusi import pada mesin mobil dan pesawat mekanik dalam dua belas bulan pertama tahun ini mencapai 20% dari jumlah total import non-migas nasional senilai US$ 148,5 miliar. Sementara import barang yang telah mengalami kenaikan terbesar pada periode Januari-Desember tahun 2019 ini adalah perhiasan atau permata yang mulai melonjak 137,29% menjadi US$ 6,19 miliar dibandingkan periode yang sama dengan tahun lalu. Kemudian diikuti oleh import minuman naik hingga 124,96% menjadi US$ 234,5 juta dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk itu Kami juga menyediakan jasa-jasa lain seperti jasa import hewan termasuk salah satunya jasa import burung juga jasa import tanaman.


BIAYA JASA PPJK PTSBN 

jasa pengurusan barang impor, perusahaan jasa ppjk, jasa ppjk jakarta


Biaya jasa ppjk ptsbn harga bersaing. Sebagai salah satu perusahaan dengan ijin resmi dalam mengurus dokomen import barang yang berasal dari luar negeri.

Memilih dan menggunakan Perusahaan jasa ppjk  yang harus dapat di percaya demi menjaga keamanan dan keutuhan barang dari berbagai macam kemungkinan dari kerusakan yang terjadi. Kami juga melayani jasa impor dari luar negeri seperti jasa impor china atau dari negara lainnya diseluruh dunia. Untuk didalam negeri jasa pengurusan barang import atau jasa ppjk Jakarta. Selain dari itu kami siap membantu khsususnya untuk anda yang berada di Surabaya untuk mengguanakan jasa ppjk di Cabang Surabaya dan siap membantu pengurusan jasa ppjk di semarang dengan penawaran tarif jasa ppjk murah tentunya.

Kami memiliki pengalaman dan bekerja secara profesional dalam melayani jasa pengurusan barang impor atau juga jasa pengurusan ppjk perusahaan Anda. 

Demikian penawaran jasa pengurusan barang import ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran harga tarif jasa ppjk terbaik dari ptsbn adalah yang menjadi pertimbangan untuk dapat membantu Anda dalam proses dokumen import yang dibutuhkan dipelabuhan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.


Salam Sukses 




jasa pengurusan barang import, jasa ppjk jakarta, tarif biaya ppjk jakarta


Pages

Powered by jakwebs.com