ALAT DETEKSI TSUNAMI BUOY

BUOY ALAT PENDEKTESI STUNAMI DI LAUT INDONESIA



alat deteksi tsunami, fungsy buoy, jasa perawatan buoy ptsbn, harga buoy tsunami
buoy tsunami warning system 

Apa alat untuk mendeteksi tsunami
?  istilah  buoy adalah alat berbentuk pelampung yang  sengaja diletakkan di tengah laut dimana dibawahnya dasar lautnya memiliki  patahan atau juga gunung berapi yang sangat memungkinkan dapat menyebabkan adanya bahaya tsunami. Salah satu dari Fungsi buoy sebagai pendetksi tsunami yang dilengkapi 
dengan peralatan canggih yang dapat mengukur ketinggian gelombang serta getaran gempa sangat efektif guna memberikan informasi dini akan bahaya stunami ini. 

Indonesia adalah salah satu Negara dimana memiliki luas laut lebih besar dibanding daratan serta memiliki banyak patahan bawah laut serta gunung berapi. Besar kemungkinan terjadi gempa bumi baik yang bersumber dari gunung berapi aktif atau pergeseran lempengan di dasar lautan sebagai pemicu terjadinya tsunami tersebut. 

Sejak 2012 Negara Indonesia tidak memiliki alat yang mendeteksi stunami walaupun pernah 21 unit buoy yang dihibahkan oleh negara seperti Jerman, Amerika dan Malaysia saat ini alat tersebut tidak dapat difungsikan dengan baik dan bahkan banyak dicuri oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Selain dari itu bouy sebagai alat yang diletakkan untuk tujuan preventif tsunami sebenarnya juga dapat sebagai alat untuk pengawasan dan kontrol terhadap keadaan laut serta perbatasan bila dilengkap alat alat canggih seperti radar, kamera serta alat alat frekuensi radio yang memberikan informasi ke pusat kontrol dalam hal ini adalah instansi pemerintah yang memiliki kepentingan dan terkait.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) telah memiliki data 18.000 titik kemungkinan terjadinya tsunami di laut Indonesia yang dapat terjadi kapan saja dan itu sangat mungkin. Khusus untuk alat pendeteksi gempa di daratan ada 170 sensor yang terpasang saat ini yang akan mengirimkan data kepusat gempa Nasional serta mengukur kekuatannya di pusat gempa terjadi.

Apa yang menjadi penyebab buoy tsunami tidak berfungsi ?.

1. Buoy dicuri atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa saja buoy tertabrak oleh kapal kapal besar yang melintas.
2. Kurang biaya perawatan dalam pengoperasiannya serta mengingat mahalnya biaya pengadaan buoy sebagai alat pendeteksi tsunami mulai dari instalasi hingga biaya perawatan per satu buoy.

Resiko banyaknya korban jiwa bila Buoy tsunami tidak bekerja dengan semestinya merupakan tanggung jawab pemerintah namun setiap orang atau nelayan juga harus ikut mengawasi dan membantu pemerintah dalam pengawasan alat alat ini di tengah laut dan bukan malah mencuri atau merusaknya.


CARA KERJA BUOY PENDETEKSI DINI TSUNAMI

gambar cara kerja buoy tsnunami

Melihat cara kerja buoy tsunami di laut Indonesia dimana titik titik rawan terhadap kemunginan gempa di dasar laut yang juga mungkin akan memicu terjadinya. Ada alat deteksi tsunami yang juga diletakkan di dasar laut dimana alat  tersebut mengukur tekanan dari gelombang laut yang terjadi serta dapat mendeteksi secara akurat dan mengirimkan datanya ke buoy yang mengapung di permukaan laut dan mengirimkan data kepusat kontrol setiap saat. Buoy atau pelampung pendeteksi gelombang ini akan mengirimkan data mulai dari tinggi gelombang dan waktu perkiraaan yang akurat akan menuju daratan disekitar pusat gempa di tengah laut secara cepat dan akurat.

HARGA BUOY TSUNAMI

Harga buoy tsunami, cara kerja buoy tsunami, jual buoy tsunami-min

Harga buoy tsunami cukup mahal dikarenakan faktor dari buoy yang didalamnya dipasang alat dengan peralatan teknologi canggih dengan biaya instalasi persatu buoy bisa memakan waktu berhari hari hingga buoy dapat berfungsi dengan baik. Ditambah anggaran untuk perawatan dari setiap buoy bila mengalami kendala atau tidak berfungsi juga menjadi anggaran yang harus secara rutin dilakukan. Pertanyaannya adalah berapa biaya atau anggaran untuk pengadaan 1 unit buoy dan perawatannya ?

Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT pernah membuat hitungan biayanya bila untuk membeli empat unit buoy tsunami bisa membutuhkan biaya hingga Rp 20 miliar. Belum lagi biaya untuk pemasangan empat titik buoy selama 80 hari termasuk ongkos pemeliharaan darurat bisa mencapai Rp10 miliar. Jarak setiap titik yang membuat pemasangan atau instalasi buoy bisa menjadi berhari hari atau berbulan bulan mengingat luas laut Indonesia.

Jadi bila dihitung untuk semua anggaran yang harus disiapkan oleh pemerintah adalah sekitar 30 miliar untuk pemasangan empat unit buoy tsunami ini.  

Dilihat dari biaya pemasangan yang memang mahal, namun sangat berarti dibandingkan harus menelan banyak korban jiwa dan material akibat dari bahaya tsunami yang selalu mengancam di pesisir laut Indonesia ini. 

Demikian dengan adanya buoy tsunami sebagai alat pendeteksi gempa di dasar laut dan mengakibatkan bahaya tsunami semua resiko banyaknya korban jiwa  dapat diperkecil dan antisipasi terhadap bencana menjadi lebih diketahui sejak dini. 

Ptsbn sebagai perusahaan yang membantu pengadaan dan pemasarang buoy tsunami serta jasa perawatan buoy di seluruh Indonesia siap membantu untuk semua persiapan hingga penyelenggaraan  sbnp dapat terwujud. 

Hubungi kami untuk informasi selengkapnya dengan nomor telepon atau whatsapp inbox dan kami akan segera terhubung dengan anda.


Salam 

Harga buoy tsunami

Artikel terkait :

Harga alat deteksi buoy tsunami

Pages

Powered by jakwebs.com