SOP KAPAL KONSULTASI DI PTSBN

KONSULTAN SOP PERKAPALAN PTSBN

sop kapal tangker. konsultan sop kapal,  sop kapal tangker, ptsbn


Konsultan sop Kapal ptsbn WA: 0813-8988-2622. Dalam dunia perkapalan ada banyak sekali surat perijinan dimana standar operation prosedure kapal berlaku dan telah ditetapkan oleh pemerintah. Sop di kapal  pada masing masing  jenis kapal dapat memiliki sop kapal dengan standar yang berbeda-beda. Baik itu sop dari sistem manajemen keselamatan awak kapal hingga  yang berhubungan dengan bagian dari pengoperasian kapal itu sendiri dan sop di Pelabuban yang berhubungan dengan aktivitas bongkar muat kapal.

Bila di lihat dari jenis kapal ada beberapa sop kapal laut dengan yang lebih spesifik umumnya untuk jenis sop kapal dengan sebutan tertentu dimana sop kapal laut yang memiliki fungsi tertentu dibawah ini sebagai berikut :
  • Sop kapal tanker : Bagaimana prosedur cara pemuatan dan prosedur cara Tank cleaningsebelum pemuatan karo di kapal tanker. Secara singkat mulai dari Tank Cleaning, Prosedure Pelayaran dan aturan dari jumlah limbah buangan, atauran prosedure bongkar muat kapal tangker dll. Lebih detail mengenai pembahasan sop kapal tangker pada artikel ini.
  • Sop kapal patroli  : Standar operasional prosedur operasi kapal patroli ini diperuntukan bagi kegiatan dari pelaksanaan pengamanan dengan menggunakan kapal patroli di dalam wilayah KKPN yang dilakukan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perikanan (PPNS Perikanan), dalam melaksanakan peraturan perundangan no.31 Tahun 2004 jo. No 45 tahun 2007 tentang Perikanan, serta Undan Undang. No. 27 Tahun 2007 tentang hal yang mengatur pengelolaan Pesisir dan Pulau pulau Kecil di Indonesia.
  • Sop kapal penumpang : Sop kapal laut ini lebih menekankan pada kualitas dalam pelayanan umum khususnya aspek keselamatan  pelayanan atau jasa transportasi untuk umum angkutan laut serta Sop kapal penyeberangan antar pulau.
  • Sop kapal pesiar : Untuk kelancaran pelayanan kepada kapal pesiar asing, baik penyelenggara pelabuhan wajib membuat standar operasional prosedur sop kapal wisata tentang embarkasi dan debarkasi wisatawan. Untuk melayani jasa dalam penyelenggaraan perjalanan kapal pesiar asing, pemerintah menyiapkan 5 pelabuhan sebagai embarkasi dan debarkasi yaitu, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung PerakPelabuhan Makassar, Pelabuhan Belawan, dan Pelabuhan Benoa Bali
  • Sop kapal roro : Kementerian Perhubungan di bawah kepemimpinan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan terus melakukan berbagai cara dan terobosan regulasi dalam  meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan ketertiban transportasi. Di sub sektor perhubungan laut telah diterbitkan Maklumat Pelayaran Nomor: 286 / XII / DN-15, tanggal 23 Desember 2015 mengenai Standar Keselamatan Pengangkutan Kendaraan Pada Kapal Penumpang Roll On Roll Off (Ro-Ro). “Maklumat Pelayaran itu kemudian diperjelas dengan telah diterbitkannya Standard Operating Procedure atau SOP pelayanan pemuatan kendaraan ke kapal Ro-Ro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam menegakkan aspek dalam rangka memperkecil resiko  keselamatan dan keamanan serta ketertiban pelayaran.
    Masih ada sop kapal laut yang masih harus dilengkapi yang masih berhubungan erat dengan bagian kapal seperti sop perawatan mesin kapal, sop sanitasi kapal yang secara periodik dilakukan pemeriksaan. Ada juga  Sistem operating prosedure dari galangan atau area di pelabuhan yang diatur agar semua aktifitas serta kegiatan yang berhubungan dengan keselamatan kapal yaitu sop keselamatan kapal. Semua sop kapal memiliki tujuan demi untuk memperkecil resiko kecelakaan serta semua proses aktifitas serta kegiatan dikapal atau di pelabuhan yang memiliki standar baku yang yaitu ditetapkan pemerintah dan menyesuaikan dengan standar perkapalan internasional.  

    Sop di pelabuhan seperti sop galangan kapal dimana penerapan dari  sop tambat labuh kapal serta sop bongkar muat kapal masing masing aturan itu telah ditetapkan oleh pemerintah dan harus diikuti baik penyelenggara dan perusahaan yang telibat didalamnya. 

    Ptsbn sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang semua aktivitas serta kegiatan yang berhubungan dengan perkapalan siap menjadi mitra anda dalam membantu sebagai konsultan jasa pembuatan sop kapal dan beberapa sop lainnya yang masih dalam ruang lingkup kegiatan kapal dan pelabuhan.

    SIUPAL PERUSAHAAN PELAYARAN.

    SIUPAL adalah singkatan atau kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut. Izin siupal perusahaan pelayaran dikeluarkan oleh Pemerintah dalam hal ini adalah cq. Direktur Jenderal Perhubungan Laut kepada semua badan atau perusahaan perkapalan nasional yang menjalankan aktivitas atau kegiatan dalam bidang usaha angkutan laut di wilayah perairan Indonesia dan  dari pelabuhan dalam negeri ke pelabuhan luar negeri atau sebaliknya.

    Persyaratan dalam membuat Siupal Perusahaan Pelayaran :
    • Akte Pendirian Perusahaan dan SK pengukuhan Kemhumkam;
    • Memiliki kapal motor berbendera Indonesia yang laik laut dengan ukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage) secara kumulatif;
    • Memiliki kapal tunda berbendera Indonesia yang layak melaut paling minimal 1 (satu) unit dengan daya penggerak motor paling kecil 150 (seratus lima puluh) tenaga kuda (TK) dengan minimal 1 (satu) unit kapal tongkang yang berukuran paling kecil GT 175 ( seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage ).
    • Memiliki kapal tunda berbendera Negara Indonesia yang layak  melaut minimal 1 (satu) unit dengan ukuran paling kecil GT 175 ( seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage).
    • Memiliki tongkang bermesin berbendera Indonesia yang laik laut paling sedikit 1 (satu) unit dengan ukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage). Memiliki tenaga ahli setingkat Diploma III dibidang ketatalaksanaan dan atau nautika, dan atau teknik pelayaran niaga, yang dibuktikan dengan salinan ijazah atau sertifikat yang dilegalisir oleh yang berwenang.
    • Memiliki surat keterangan domisili dari perusahaan atau dari  instansi yang terkait.
    • Memiliki  penanggung jawab dalam perusahaan.
    • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

    Selain jasa pembuatan sop kapal PTSBN juga membantu mengurus siupal perusahaan pelayaran dan telah berpengalaman dalam menyusunan dalam pembentukan mulai dari surat perijinan perkapalan atau standar operasi dari sistem manajemen keselamatan awak kapal, baik yang  berbasis ISM code (pelaut) atau juga berbasis OHSAS 18000 (ISO 45001). Kami juga melayani pembuatan standard sertifikasi SMK3 khusus untuk perkapalan.

    Silahkan menghubungi kami untuki konsultasi gratis mengenai  sistem manajemen keselamatan awak kapal dan jasa perijinan perkapalan di ptsbn dengan nomor telepon yang tertera diatas atau klik tombol whatsapp dibawah ini untuk informasi lebih lanjut.



    Salam 




    konsultan sop kapal, perijinan kapal, ptsbn

    Artikel terkait :

    sop kapal penumpangcontoh siupalcontoh surat permohonan siupal |
    perbedaan siupal dan siupkkmasa berlaku siupalsurat permohonan endorse siupalsiupal perusahaan pelayaran

    Pages

    Powered by jakwebs.com